Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility cctv

Descente II Pengadilan Agama Jeneponto

  • Devira Wiena Pramintya, S.Kom.
  • 01-04-2021

Tim Pemeriksaan Setempat tetap semangat berjalan melaksanakan tugas ditengah hujan

Tim Pemeriksaan Setempat melaksanakan tugas descente dengan semangat meskipun sedang hujan

Jeneponto, Rabu (31/03/2021) Pengadilan Agama Jeneponto melaksanakan Descente atau Pemeriksaan Setempat (PS) yang merupakan lanjutan dari pemeriksaan sebelumnya pada tanggal 24 Maret 2021 terkait sejumlah obyek sengketa dalam perkara Gugatan Waris Nomor 389/Pdt.G/2020/PA.Jnp yang telah didaftarkan di Kepaniteraan Pengadilan Agama Jeneponto 24 November 2020. Karena hujan deras, Pemeriksaan Setempat baru dapat dimulai sekitar pukul 13.00 WITA di daerah Kecamatan Bonto Ramba dengan sebelumnya dibuka sidang Pemeriksaan Setempat di Kantor Desa Baraya.

Bersama Kepala Desa Barayya di Kantor Desa Barayya

Bersama Kepala Desa Baraya di Kantor Desa Baraya

Pemeriksaan Setempat dilaksanakan oleh Tim Pemeriksaan Setempat Pengadilan Agama Jeneponto yang dipimpin langsung Ketua Majelis Hakim PA Jeneponto, Muhammad Imron, S.H, M.H., dibantu oleh Syahrul Mubaroq, S.H., dan ltsnatul Latifah, S.H selaku Anggota Majelis, serta Abdul Rahman, S.H,. selaku Panitera Pengganti dan Tri Sutrisno selaku Jurusita Pengadilan Agama Jeneponto. Penggugat dan tergugat juga hadir di lokasi Pemeriksaan Setempat bersama dengan Kepala Dusun yang menjadi saksi pengukuran tanah obyek sengketa tersebut.

Tim Pemeriksaan Setempat menuju lokasi obyek tanah sengketa

Tim Pemeriksaan Setempat menuju lokasi obyek tanah sengketa

Pengukuran salah satu obyek tanah di Palianga, Dusun Barayya II, Desa Barayya, Kecamatan Bonto Ramba, Kabupaten Jeneponto

Pengukuran salah satu obyek tanah di Palianga, Dusun Baraya II, Desa Baraya, Kecamatan Bonto Ramba, Kabupaten Jeneponto

Pemeriksaan Setempat untuk obyek sengketa kali ini berjumlah dua lokasi tanah dari total lima lokasi tanah yang sebelumnya pada tanggal 24 Maret 2021 sudah dilaksanakan Pemeriksaan Setempat untuk tiga lokasi tanah. Dua tanah obyek sengketa ini terletak di Palianga, Dusun Baraya II, Desa Baraya, Kecamatan Bonto Ramba, Kabupaten Jeneponto dan Tanah Kombanga, Dusun Baraya II, Desa Baraya, Kecamatan Bonto Ramba, Kabupaten Jeneponto. Tim langsung melakukan pengukuran tanah yang menjadi obyek sengketa tersebut untuk mengetahui luas tanah yang sebenarnya dan mengecek batas-batasnya. Sekitar 4 jam melakukan pemeriksaan, Majelis Hukum menutup sidang Pemeriksaan Setempat pada hari itu.

Pengukuran lokasi tanah di Tanah Kombanga, Dusun Barayya II, Desa Barayya, Kecamatan Bonto Ramba, Kabupaten Jeneponto

Pengukuran lokasi tanah di Tanah Kombanga, Dusun Baraya II, Desa Baraya, Kecamatan Bonto Ramba, Kabupaten Jeneponto

Pemeriksaan Setempat ini untuk memenuhi ketentuan Pasal 180 R.Bg. jo SEMA Nomor 7 Tahun 2001 tentang Pemeriksaan Setempat. Pemeriksaan Setempat dimaksudkan untuk mengetahui dengan jelas dan pasti mengenai kuantitas dan kualitas barang-barang sengketa, sehingga tidak terjadi dalam praktik peradilan pada saat putusan hendak dieksekusi dinyatakan non-executable.

Devira Wiena Pramintya, S.Kom.

Devira Wiena Pramintya, S.Kom.

Editor jurnal dan berita Pengadilan Agama Jeneponto sejak 5 Februari 2021

(0) Comment

Leave a reply

CS PTSP
Survey Indeks Persepsi Korupsi
Survey Kepuasan Masyarakat