Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility cctv

Pengadilan Agama Jeneponto Laksanakan Descente Untuk 48 Obyek Tanah

  • Devira Wiena Pramintya, S.Kom.
  • 25-06-2021

 Sebelum dimulai pemeriksaan setempat obyek tanah di daerah Empoang

 

Jeneponto, Rabu (16/06/2021) Pengadilan Agama Jeneponto melaksanakan descente terakhir untuk perkara Gugatan Waris Nomor 118/Pdt.G/2020/PA.Jnp yang telah didaftarkan di Kepaniteraan Pengadilan Agama Jeneponto 06 Mei 2020. Pemeriksaan Setempat ini dilaksanakan oleh Tim Pemeriksaan Setempat Pengadilan Agama Jeneponto yang dipimpin langsung Ketua Majelis Hakim Pengadilan Agama Jeneponto, Muhammad Imron, S.H, M.H., dibantu oleh Syahrul Mubaroq, S.H., dan ltsnatul Latifah, S.H selaku Anggota Majelis, serta Haerul Ahmad, S.H., M.H,. selaku Panitera Pengadilan Agama Jeneponto. Penggugat dan tergugat juga datang sendiri di lokasi Pemeriksaan Setempat. Selain itu, disaksikan pula oleh Kepala Desa dan Kepala Dusun setempat.

Descente hari pertama

Salah satu suasana pemeriksaan setempat pada tanggal 27 Mei 2021


Perkara Gugatan Waris Nomor 118/Pdt.G/2020/PA.Jnp telah dilakukan jawab menjawab serta pembuktian dalam persidangan. Oleh karena harta kewarisan sebagian besar berupa harta tidak bergerak yaitu tanah, maka perlu dilakukan pemeriksaan setempat. Terdapat 48 harta kewarisan yang tersebar di Kabupaten Jeneponto dan 1 obyek tanah di Kota Makassar yang perlu dilakukan pemeriksaan setempat karena memiliki cukup alasan. Obyek tanah yang dilakukan pemeriksaan setempat diantaranya terletak di daerah Kelurahan Tolo sebanyak 15 obyek tanah, di Desa Bontolebang terdapat 18 obyek tanah, di daerah Kelurahan Tolo Utara terdapat 1 obyek tanah, di daerah Kelurahan Tolo Barat sebanyak 3 obyek tanah, di daerah Kelurahan Tolo Timur sebanyak 1 obyek, di daerah Kelurahan Empoang sebanyak 3 obyek tanah, di daerah Kelurahan Empoang Selatan sebanyak 2 obyek tanah, di daerah Desa Langkura sebanyak 1 obyek tanah, di Desa Kalumpangloe sebanyak 2 obyek tanah, di daerah Desa Maccinibaji terdapat 1 obyek tanah, di daerah Kelurahan Pa’baeng-baeng, Kecamatan Tamalatea, Kota Makassar sebanyak 1 obyek tanah.

Descente hari ketiga

 Pemeriksaan tanah pada salah satu obyek tanah di daerah Tolo Timur tanggal 8 Juni 2021 

 

Pemeriksaan setempat yang pertama dilakukan pada tanggal 27 Mei 2021 mulai pukul 08.00 WITA hingga pukul 16.00 WITA. Sebanyak 10 obyek tanah yang dilakukan descente. Kemudian descente kedua dilaksanakan pada tanggal 4 Juni 2021 mulai pukul 08.00 WITA sampai pukul 16.00 WITA sebanyak 10 obyek tanah. Lalu sebanyak 5 obyek tanah dilakukan descente pada tanggal 8 Juni 2021. Dan sisa obyek tanah yang lain dilakukan descente pada tanggal 10 Juni 2021, 11 Juni 2021, dan terakhir pada tanggal 16 Juni 2021. Sedangkan 1 obyek tanah yang terletak di Kota Makassar, Pengadilan Agama Jeneponto memohon bantuan kepada Pengadilan Agama Makassar untuk melakukan descente. Descente pada obyek tanah yang terletak di daerah Kelurahan Pa’baeng-baeng, Kecamatan Tamalatea, Kota Makassar dilaksanakan pada hari Rabu, 9 Juni 2021.

Descente hari ke tiga

Pemeriksaan setempat pada tanggal  11 Juni 2021

 

Pemeriksaan Setempat dimaksudkan untuk mengetahui dengan jelas dan pasti mengenai kuantitas dan kualitas barang-barang sengketa, sehingga tidak terjadi dalam praktik peradilan pada saat putusan hendak dieksekusi dinyatakan non-executable.

Devira Wiena Pramintya, S.Kom.

Devira Wiena Pramintya, S.Kom.

Editor jurnal dan berita Pengadilan Agama Jeneponto sejak 5 Februari 2021

(0) Comment

Leave a reply

CS PTSP
Survey Indeks Persepsi Korupsi
Survey Kepuasan Masyarakat